Jasa Kontraktor Bangunan Surabaya
Jasa Kontraktor Bangunan Surabaya
Jasa Kontraktor Bangunan Surabaya
Jasa Kontraktor Bangunan Surabaya
Home Architecture Membuat Perencanaan Renovasi Rumah

Renovasi Bangunan Rumah

Dalam merancang, membangun dan mengatur proyek renovasi rumah harus sabar setiap langkah perencanaannya. Biasanya pemilik memberikan tanggung jawab pengelolaan dan pengawasan proyek renovasi kepada kontraktor pelaksana. Dimana kontraktor melakukan semua tahapan pekerjaan sejak desain perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan pasokan bahan material, dan tenaga kerja. Baik dikerjakan oleh kontraktor itu sendiri atau dilimpahkan kepada kontraktor lain (sub-kontraktor).

Tetapi sebagai pemilik harus menyetujui dan meninjau sub-kontraktor konstruksi secara periodik dan meminta pemeriksaan independen pada setiap sub-kontrak kerja yang telah dikerjakan. Pekerjaan yang biasanya diberikan pada sub-kontraktor diantaranya adalah
– Pemasangan rangka atap baja
– Pemasangan mekanikal elektrikal
– Pemasangan AC dan Water Heater

Berhati-hatilah melakukan pembayaran terhadap pekerjaan yang telah diselesaikan. Tips: Jangan melakukan pembayaran sampai kita merasa puas dengan kualitas pekerjaan yang telah diselesaikan.

Jika pemilik ingin menjadi kontraktor sendiri. Maka pemilik harus melakukan pemilihan sub-kontraktor, pembelian bahan material dan pengawasan seluruh proyek renovasi dari awal hingga selesai. Sebagai kontraktor perlu memiliki pengetahuan tentang konstruksi kerja sehingga pekerja tidak mengambil keuntungan. Jika kita memutuskan untuk bertindak sebagai kontraktor di sini adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

– Kita harus berlaku adil terhadap setiap orang yang terlibat.

– Kita harus mengetahui teknik konstruksi untuk menjaga kualitas pekerjaan yang sedang dilakukan.

– Berlakulah sebagai pemimpin, berbicara seperti pemimpin, bersosialisasi dengan sub-kontraktor, tetapi membiarkan mereka tahu siapa yang pemilik rumah.

– Catat semua pesanan, pembelian, faktur, kwitansi pembayaran, upah harian pekerja, dll. Semua informasi ini harus disimpan jika sewaktu kita membutuhkannya untuk direview.

– Periksa dan pastikan jumlah pekerja yang ada dalam daftar pekerja sama jumlahnya dengan pekerja yang ada di lokasi konstruksi. Begitu juga posisinya dalam pekerjaan (Mandro, Tukang, atau Kenek). Ini cara terbaik untuk melindungi kita dari kecurangan pencatatan.

– Ciptakan lingkungan kerja yang baik untuk bekerja. Dengan menyediakan pekerja dengan akomodasi yang memadai seperti tempat tidur, kamar mandi, air minum, air bersih, dan sedikit hiburan bagi mereka agar lebih memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik.

– Bersiaplah untuk penundaan karena cuaca buruk, kekurangan bahan, kecelakaan kerja, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan penundaan pekerjaan. Yang terbaik adalah memiliki rencana alternatif. Jika pemasok gagal untuk menyampaikan material pada saat yang sama anda memiliki pemasok lain sebagai pengganti.

– Prioritaskan pekerjaan yang harus dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan awal, beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum hal-hal lain.

– Awasi jadwal pekerjaan yang akan dilakukan, karena setiap penundaan akan menambah waktu dan biaya konstruksi.

– Berikan waktu jeda (Istirahat) dalam jadwal kerja agar anda dapat melakukan pemeriksaan dan pekerja dpat beristirahat.

– Kontrol keuangan secara efisien karena kurangnya uang dapat menunda proyek.

Tidak semua orang mengerti cara untuk mengatur poyek renovasi rumah, salah-salah justru akan meningkatkan biaya pekerjaan. Pahami tips di atas dan putuskan apakah kita ingin mengambil tanggung jawab memimpin sendiri proyek renovasi rumah kita.

Leave a Reply